Smart Citizen Journalism

Pengertian Menulis Berita 5W+1H

menulis berita 5w1h by pixabay
menulis berita 5w1h by pixabay

ReOnkPost – Berita (news) tentu berbeda dengan jurnalistik. Berita atau news mempunyai nilai (value) karena masa (waktu) yang hangat/ When.

Menarik (What), Tempat kejadian (where), siapa saja yang terlibat (who), kenapa terjadi (why) dan 1 (How) dalam satu hari itu kejadian menjadi peristiwa (warta berita).

Kita menyebut 5W+1H. Nilai kejadian yang masuk dalam sebuah berita adalah penting, menarik, informatif, mendidik (education), psikografis (kedekatan pembaca).

Tugas wartawan adalah mencatat kejadian dan menuliskannya untuk menjadi berita pada media online, cetak, elektronik dll.

Jurnalistik berasal dari kata acta diurna, sebuah (papan informasi) di Vatikan Roma pd Abad 16 dipasang di tempat terbuka yg berìsi berita gereja dan pemerintah.

Dalam perkembangan dakwah di Islam, sesungguhnya kesahihan yang merupakan sebuah informasi sudah ada saat Rasulullah SAW baik menerima wahyu (Kauliyah)/asbabul nuzul maupun saat menyampaikan sunnah baik perkataan maupun perbuatan (sunnah) / asbabul wurudh, semua bisa dilacak urutan kejadian di masa lampau (Sunnatulah).

Lalu ruang masa depan (Kauniyah) itulah bentuk qudratillah Alloh SWT menciptakan kejadian-kejadian semesta (Kauniyah) yang berlangsung setiap hari setiap waktu (future) di masa depan.

Di situlah ruang manusia untuk mencatat peristiwa-peristiwa baik masa lalu (kemarin), saat ini (sekarang) dan masa depan (agenda seting and building).

Modalnya adalah jujur, ikhlas, cerdas, kaya narasi serta literasi, kreatif, inovatif dan berani menyampaikan kebenaran (tabligh) melawan kebatilan (kulill haq walau kanna muran).

Di saat panggilan dakwah tak bisa lewat pilihan kata, narasi dan eyecaching /tampilan foto dan grafis menjadi pilihan (pil kata, diksi) menarik tentu kata-kata akan dirubah menjadi amunisi barisan kalimat untuk menaklukan dan memenangkan persaingan dengan, lebih menyentuh (touch).

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait