Smart Citizen Journalism

Curug Mujan Akan dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Bahari

Kunjungan Disporapar Cilacap di Curug Mujan Desa Bulaksari
Kunjungan Disporapar Cilacap di Curug Mujan Desa Bulaksari

ReOnkPost, Bantarsari -Desa Bulaksari Kecamatan Bantarsari menyimpan destinasi wisata alam yang potensial untuk dikembangkan, yakni Curug Mujan.

Keindahan curug yang berada di Dusun Sidasari ini rencananya akan dioptimalkan untuk menjadi rintisan obyek wisata.

“Fokus ke Bulaksari, pemetaan potensi wisata yang pertama adalah pendataan daya tarik wisata, pendataan sarana pendukung kelancaran wisata seoerti jalan, terminal, dermaga listrik dan internet”, kata Sub Koordinator Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Ida Farida, Rabu (2/11/2022).

Ida menyampaikan hal ini dalam sosialisasi pengembangan wisata yang menjadi salah satu kegiatan non fisik TMMD Reguler ke – 115 Desa Bulaksari.

Selain fasilitas tersebut, menurut Ida, pengembangan rintisan obyek wisata juga memerlukan pendataan fasilitas akomodasi seperti makan minum, transportasi dan agen perjalanan.

Termasuk di dalamnya pendataan layanan tambahan seperti pemandu wisata, ATM Money Changer dan jasa lainnya.

Menurut Ida, untuk mengangkat kearifan lokal khususnya yang memiliki potensi sebagai tempat wisata, yang perlu dilakukan adalah pemetaan potensi wisata pada Desa Bulaksari.

Saat ini belum ada penjelasan dari pihak desa, namun pihaknya akan melakukan pendampingan.

Untuk menjadi rintisan wisata, suatu destinasi harus memiliki daya tarik yang memiliki keunikan, keindahan dan nilai yang berupa keanekaragaman alam, budaya atau buatan manusia.

“Hari ini tren wisata adalah ke arah desa, kalau mau membidik wisatawan, maka harus menyiapkan semuanya, baik tempat, sarana dan prasarananya”, tambahnya.

Selain memberikan penyuluhan kepada Pokdarwis Desa Bulaksari, Tim dari AMN dan Disporapar didampingi Kepala Desa dan para perangkatnya, meninjau secara langsung potensi alam yang ada di Grumbul Penanggungan Dusun Sidasari Desa Bulaksari.

Yaitu Curug Mujan, yang rencananya akan dijadikan tempat wisata di Desa Bulaksari ini.(dn/kominfo)

Tampilkan Semua
Cilacap Info
IKUTI BERITA LAINNYA DIGOOGLE NEWS

Berita Terkait